Mengapa ada Cucuk Lampah dalam Pernikahan adat jawa?

Pernikahan merupakan sebuah upacara sakral yang identik dengan adat. Begitu pula dengan pernikahan yang ada di Jawa. Dalam tradisi penikahan adat Jawa terdapat sebuah adat yang biasa disebut dengan prosesi Cucuk Lampah. Prosesi simbolik ini berlangsung pada saat Pengantin akan berjalan menuju tempat resepsi perkawinan.

Prosesi ini cukup langka dan mungkin sudah jarang dilakukan oleh banyak pengantin. Prosesi yang satu ini bisa dibilang unik, menarik dan dapat menjadi hiburan bagi para tamu undangan.

Prosesi Cucuk Lampah atau pembuka jalan ini memiliki maksud sebagai prosesi penolak bala atau bencana untuk mengusir semua bentuk gangguan dalam wujud apa pun, terutama roh jahat yang dapat mengganggu jalannya penyelenggaraan pahargyan atau resepsi. Prosesi ini dilakukan di sepanjang jalur yang akan dilalui oleh pengantin.

Para penari telah disiapkan untuk menghibur tamu undangan sekaligus mengarahkan pengantin menuju pelaminan. Gaya dan tari yang ditampilkan berbeda-beda. Akan tetapi pada dasarnya seorang Cucuk lampah harus banyak menguasai tarian jawa sekaligus pandai menghibur dengan adegan peran yang lucu.

Pada saat pengantin menggunakan pakaian adat Keprabon atau adat raja jawa, para penari cucuk lampah menari dengan tarian adat yang lemah gemulai. Cucuk lampah menari dan mengantar pengantin hingga duduk di pelaminan kemudian ditemani oleh dua orang pata atau pembawa kipas.

Selain itu terdapat penampilan tarian beksan edan-edanan atau tarian edan-edanan yang sangat unik. Tarian unik ini menjadi salah satu hiburan bagi para tamu undangan. Sebagai sebuah kekayaan budaya, beksan edan-edanan ini juga dapat ditampilkan di luar keraton. Sehingga masyarakat umum pun dapat mengundang para penari untuk menampilkan tarian penolak bala ini dalam sebuah resepsi pernikahan.

Cucuk lampah memang sudah jarang terlihat di pernikahan-pernikahan orang saat ini. Namun demikian masih ada yang melangsungkan acara pernikahan dengan prosesi tersebut. Dan ada juga jasa yang menyediakan cucuk lampah atau penari tersebut. Demi menjaga kelestarian adat pernikahan yang ada di Jawa ini.

Mega purbaya menerima persewaan alat-alat pesta. Mega purbaya dan tim siap membantu kesuksesan acara anda
Hub: Kantor: (031)99705720 Hp: 085649796006/ wa: 082234007812
Alamat: perum mutiara residence blok D2 no.12, Anggaswangi sukodono sidoarjo


#megapurbaya #weddingorganizer #weddingidaman #weddingmurah #weddingkeren #weddingsidoarjo #weddingsurabaya #weddingsidoarjomurah #weddingsurabayamurah #weddingistimewa #weddingbahagia #weddingku #weddingterindah #dekorasiwedding #dekorasimurah #dekorasiweddingmurah #dekorasikeren #dekorasilucu #dekorasiidaman #dekorasipelaminan #dekorasitenda #dekorasitendasidoarjo #dekorasitendasurabaya #persewaanpesta #persewaantendapesta #persewaanmegapurbaya #resepsipernikahan #pernikahantradisional #pernikahanmodern #prewedding #weddingphoto #persewaankursiplastik #coverkursi #persewaanpanggung #persewaansoundsystem #tendabunga #desaintendapernikahan #persewaanalatpestasidoarjo


Share:

0 komentar