Sejarah Pre Wedding

Pre Wedding atau sering disebut Prewed dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan foto-foto sebelum acara pernikahan. Foto tersebut biasanya digunakan untuk sampul undangan pernikahan dan dipajang saat acara resepsi pernikahan.
Dalam kaca mata fotografi yang lebih populer sebenarnya Pre Wedding Photography, bukan Prewedding atau Prewed. Namun karena untuk mempersingkat pengucapan, yang lebih populer adalah Prewed.
Arbain Rambey sebagai fotografer senior pernah mengritik idiom Pre Wedding sebenarnya salah kaprah. Pasalnya, dalam bahasa Inggris adalah Pre Wedding Photography. Akan tetapi, hal itu tidak terlalu menjadi masalah, karena dalam kaca mata linguistik, Pre Wedding merupakan serapan dan wujud impor bahasa. Menurut teori Barat, istilah Prewed lebih cocok diganti Engagement Photo.
Terlepas dari itu, Ahmad Abror salah satu fotografer Copy Lens Walisongo Semarang menyatakan Prewed merupakan budaya yang muncul karena industri fotografi menawarkan pengabadian foto sebelum pernikahan. “Foto Prewed itu adalah pilihan bagi pasangan yang mau menikah, karena tidak semua orang melakukan Prewed,” katanya.
Dalam kaca mata filologi, Prewed sebenarnya hanya masalah budaya yang ingin mengabadikan momentum indah sebelum pernikahan. Sehingga, menjadi kebiasaan bagi para muda-mudi melakukan foto sebelum pernikahan berlangsung. Ada yang berupa foto, video, buku dan sebagainya. "Pre itu artinya sebelum, sedangkan wedding adalah pernikahan, jadi sudah lazim disebut Prewed", katanya.
Hal itu juga dilakukan Hamidulloh Ibda selaku penulis buku. Ia rela menulis buku untuk dijadikan mahar ketika pernikahannya. Mahasiswa Pascasarjana Unnes ini menulis buku berjudul Stop Pacaran Ayo Nikah sebagai mahar pernikahannya nanti pada 7 Juni 2014. “Mau Prewed atau tidak, hal itu pilihan dan keputusan pribadi. Yang penting momentum sebelum dan sesudah pernikahan harus membahagiakan pasangan,” tuturnya.
Menurut Ibda, Prewed merupakan wujud cinta dan melakukan pengabadian momentum indah sebelum pernikahan. Hal itu juga bisa digunakan untuk melambangkan kasih sayang kepada pasangan.

Share:

0 komentar