PELUANG BISNIS WEDDING ORGANIZER
Pernikahan merupakan suatu kegiatan sakral dan dilakukan oleh
satu pasangan yang telah berjanji sehidup semati, lalu diikatkan janji
mereka dalam suatu acara yang disebut pernikahan. Pernikahan itu dilakukan
sekali dalam hidup ini, oleh sebab itu acara pernikahan biasanya di gelar
secara mewah dan glamor. Karena saat ini suatu pernikahan dianggap merupakan
suatu kegiatan yang sangat penting dan harus berkesan, sehingga harus dirayakan
secara meriah dan sesuai dengan kita para pasangan masing-masing
Setelah melihat sebuah pernyataan diatas, Wedding Organizer(W.O)
merupakan suatu bisnis yang lumayan menjanjikan, karena tiap pasangan pasti
ingin menikah dengan konsep acara pernikahan yang sesuai dengan keinginan
mereka, para pasangan yang ingin menikah tetapi mereka sibuk dengan pekerjaan
mereka dan akhirnya mereka tidak ada waktu untuk menata acara pernikahannya
sendiri, oleh sebab itu dibuatlah meraka mempercayakan semua perlengkapan mengenai
pernikahan pada sebuah Wedding Organizer.
Isi
Bisnis jasa Wedding Organizer (W.O) atau penyelenggara acara
pernikahan merupakan sebuah bisnis baru di abad 21. Jasa penyelenggaran
pernikahan ini mulai tumbuh menjadi sebuah lahan industri bisnis di era tahun
1920an di Amerika Serikat. Selanjutnya terus meluas ke kawasan Eropa dan
negara-negara lain termasuk di Indonesia. Di zaman dahulu, penyelenggaraan
pesta pernikahan di Nusantara dilakukan oleh pihak keluarga dibantu oleh para
tetangga sekitar. Persiapan tersebut tentu memerlukan waktu dan tenaga yang
banyak. Seiring perkembangan zaman yang membuat masing-masing individu menjadi
orang yang super sibuk dengan pekerjaannya, maka bantuan tenaga dari pihak
keluarga maupun tetangga dalam menyukseskan sebuah resepsi pernikahan menjadi
sangat terbatas, terlebih lagi jika hidup di daerah perkotaan.
Mengenai skill atau kemampuan tidak begitu diperlukan. Namun,
yang harus ada di sebuah bisnis Wedding Organizer adalah sebuah kreatifitas,
kepekaan dan kemampuan untuk mengurus segala aspek pernikahan, mudah
berkomunikasi, dan memilki banyak relasi yang menyediakan kebutuhan pernikahan.
Seorang Wedding Organizer bekerja di bawah petunjuk calon pengantin. Pada
umumnya wedding akan memberikan beberapa pilihan mengenai vendor pernikahan
yang terbaik serta menemani pasangan calon pengantin untuk bertanya jawab
kepada vendor tersebut. Selanjutnya Wedding Organizer akan menindak-lanjutinya,
mulai dari bernegosiasi sampai dengan mengingatkan mereka hari dimana
diadakannya tehnical meeting. Kemudian memastikan segalanya berjalan sesuai
dengan rencana awal.
Cara Memulai Bisnis Wedding Organizer
Berikut beberapa cara agar bisnis Wedding Organizer cepat
berkembang dan menjadi sukses :
Persiapan memulai bisnis WO :
Memperluas relasi, jaringan, dan kenalan. Pada tahap pertama,
tentu saja Anda harus mempunyai pasar. Pasar tersebut bisa dibentuk dengan cara
bekerjasama dengan banyak orang. Bekerjalah dalam sebuah tim dan lakukan
pendekatan atau appoarching ke banyak pihak yang bisa mendatangkan order.
Sebagai contoh, Anda bekerja sama dengan perias pengantin dengan janji komisi
apabila ia mampu mendatangkan klien untuk bisnis wedding organizer yang Anda
miliki..
Pemasaran Bisnis WO
Siapkan segala bentuk armada pemasaran. Anda bisa menggunakan
internet sebagai cara paling sukses untuk memasarkan produk. Buatlah sebuah
akun jejaring sosial dan website untuk memberi tahu khalayak ramai di kota Anda
mengenai bisnis WO yang sedang dijalankan
- Jadilah
seseorang yang bersahabat dan mudah diajak berkomunikasi Ini sangat
penting, mengerti kebutuhan calon mempelai, serta memberitahukan ketika
ada kesalahan yang terjadi. Sebuah wedding party bukanlah waktu ada
kejutan-kejutan baik, kadangkala kita harus menghadapi kejutan yang tidak
baik juga.
- Anda harus
dapat memberikan pelayanan sesuai dengan kondisi budget maupun selera
pasangan calon pengantin miliki. Duduklah bersama-sama dengan prospektif
Wedding Organizer serta membahas kebutuhan pernikahan mereka, melalui
gambar-gambar dari majalah tersebut. Dengan cara itu, Anda dapat memahami
style serta keinginan calon mempelai pada hari bahagia nantinya.
- Untuk
biaya, tergantung pada aspek-aspek apa saja yang harus dikerjakan Wedding
Organizer. Apakah mulai dari pemilihan vendor pernikahan atau hanya pada
saat hari pernikahan saja. Tentu biaya serta pengaturannya berbeda.
Bicarakanlah di awal, area-area mana saja yang akan Anda handle.
- Merencanakan
pernikahan bisa menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan, tetapi tidak
jarang pasangan akan menghadapi waktu-waktu stres juga.
- Seorang
Wedding Organizer harus bisa menciptakan sebuah momen yang paling berharga
terutama untuk calon mempelai dan diinginkan oleh calon mempelai dan
keluarga. Momen memang harus diciptakan. Namun, meski sudah dibuat, akan
sia-sia jika calon mempelai tidak bisa menikmatinya di Hari H. Supaya
calon mempelai bisa menikmati, mood keduanya harus baik. Dan agar mood
pengantin baik, tugas Wedding Organizer untuk membuat mood calon mempelai
menjadi baik. Caranya, dengan membantu mempersiapkan pernikahan calon
mempelai.
Modal yang dibutuhkan Bisnis W.O
Modal dasar yang diperlukan dalam membangun bisnis wedding
organizer adalah keahlian dalam mendesain sebuah konsep pesta pernikahan yang
menarik dan sesuai dengan keinginan pelanggan. Adaptasi berbagai tema juga amat
diperlukan. Kesiapan mental dan fisik juga sangat diperlukan. Meskipun jalannya
pesta hanya berlangsung dalam hitungan jam, namun persiapannya bisa membutuhkan
waktu berminggu-minggu, dan hal tersebut cukup menguras tenaga dan pikiran,
apalagi bisnis ini memikul tanggung jawab besar. Seorang pelaku bisnis wedding
organizer/planner juga harus memiliki kemampuan organisatoris dan koordinasi
yang mumpuni, agar semua bagian dalam pesta pernikahan tersebut bisa dikontrol
dan diatur sesuai dengan protokoler acara.
Selain modal utama tersebut, beberapa pemilik bisnis ini juga
menyediakan peralatan dan perlengkapan pesta pernikahan yang akan dibutuhkan,
misalnya tenda, tempat duduk, dekorasi panggung, sound system, aksesoris
pengantin hingga ke hal-hal yang kecil lainnya
Hal yang Wajib Diperhatikan
Menjalankan bisnis wedding organizer memiliki kompleksitas
tinggi. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan, bahkan yang sekecil sekalipun
agar pelaksanaan pesta bisa selamat sentosa. Gedung (tempat) pesta, catering,
dekorasi pelaminan, tata rias, pencahayaan, dokumentasi, MC, musik hiburan,
pengiring pengantin, kotak angpao, susunan acara, souvenir, undangan hingga
buku tamu adalah hal-hal yang tak pernah lepas dari industri wedding organizar.
Dalam memajukan bisnis ini, promosi bisnis lewat cetak brosur, sosial media,
dan promosi dari mulut ke mulut wajib dilakukan. Untuk menambah
profesionalitas, diperlukan gedung kantor dan website online. Apakah bisnis ini
bisa dijalankan semua orang? Mengingat kompleksitas pekerjaan yang dilakoni
cukup berat, maka bisnis ini membutuhkan orang-orang yang siap mental. Bahkan
di Amerika, orang-orang yang yang akan terjun ke industri wedding organizer
harus mengenyam pendidikan dan pelatihan khusus tentang penyelenggaraan pesta
pernikahan.
0 komentar