Asal-usul dan Makna Lempar Buket Bunga di Pernikahan

Lempar Buket Bunga di Pernikahan – Pernikahan merupakan hal yang sangat dinanti-nantikan oleh banyak orang. Baik pria maupun wanita mengingkan pernikahan yang sakral dan hanya sekali seumur hidupnya. Tak jarang ketika melihat orang lain yang sedang melangsungkan pernikahan, pasti kita juga menginginkan posisi yang sama. Apalagi jika pesta pernikahan digelar dengan penataan yang indah dan menawan, di hati pasti bergejolak untuk ingin segera melangsungkan pernikahan yang sedemikian rupa. Berbicara tentang pernikahan, pasti tak jauh-jauh pula dengan rangkaian bunga yang digunakan. Baik itu bunga untuk hiasan altar pernikahan, untuk hiasan meja makan, atau bunga yang akan dijadikan hand bouquet dan menjadi pegangan sang mempelai wanita. Wah pasti indah bukan?
Dalam pesta pernikahan yang digelar dengan tema internasional, pasti tak jauh-jauh dengan acara lempar buket bunga. Tak mengerti mengapa orang-orang tersebut melempar buket bunga bunga ke arah tamu undangan. Pasti dalam benak kita banyak sekali pertanyaan tentang tradisi tersebut. “Sejak kapan tradisi ini berlangsung?” “Dan apa makna dari tradisi lempar bunga buket?”
Asal – Usul Tradisi Lempar Buket Bunga di Pernikahan
Awal mula munculnya tradisi lempar buket bunga di pernikahan sudah dimulai di negara Eropa dan Amerika Utara. Sebelum muncul tradisi lempar bunga, tradisi menyobek gaun mempelai wanita sudah lebih dulu dilakukan. Gaun pengantin wanita dipercaya bisa membawa keberuntungan dalam urusan asmara, hal ini membuat para tamu undangan berlomba-lomba untuk mendapatkan potongan gaun pengantin yang dipakai oleh mempelai wanita dan kemudian disimpan sebagai lambang keberuntungan.
Namun seiring berkembangnya jaman, harga gaun pengantin tak semurah pada zaman dulu. Pastilah sangat disayangkan jika gaun berharga mahal justru malah disobek bagiannya. Belum lagi jika gaun yang dipakai adalah gaun yang akan diwariskan pada anak cucu-cucunya kelak. Pasti sangat disayangkan bukan? Akhirnya, banyak mempelai wanita memilih untuk mengakalinya dengan mengganti dengan hal lain yang tidak akan menimbulkan kerugian. Dan untuk mengakalinya, mempelai tersebut memilih untuk mengganti gaun dengan buket bunga. Cara yang digunakan masih sama dengan memperebutkan benda tersebut. Jadilah tradisi lempar buket bunga yang identik dengan pesta pernikahan.
Makna Tradisi Lempar buket Bunga di Pesta Pernikahan
Setelah mengetahui asal-usul tradisi lempar bunga buket di pesta pernikahan, kamu juga harus tahu makna apa yang ada dalam tradisi tersebut.
Karangan bunga yang dibawa oleh mempelai wanita melambangkan sebuah keindahan dan kesuburan. Pada awalnya, sang mempelai wanita hanya ingin melemparkan bunga buket tersebut kepada sahabat wanitanya. Tentunya hal ini juga membawa harapan bahwa sahabat sang mempelai dapat menyusul untuk segera menikah dan hidup bahagia bersama pasangan hidupnya kelak. Namun seiring berjalannya waktu, agar semua dapat merasakan kebahagiaan pesta pernikahan tersebut, sang mempelai memutuskan untuk melemparkan bunga buket pada semua tamu undangan yang hadir. Hal ini dilakukan untuk menghindari rasa pilih kasih dan ketidakadilan.
Sang pengantin akan melempar bunga buket tersebut kepada tamu undangan dengan posisi membelakangi sang tamu. Lalu dengan beberapa hitungan, bunga buketpun akan menjadi rebutan para tamu undangan. Siapa yang mendapatkan bunga buket tersebut, konon katanya akan mendapat jodoh dalam waktu dekat loh. Dan yang sudah memiliki pasangan, dipercaya akan segera melangsungkan pernikahan seperti yang diidamkan.
Mega purbaya menerima persewaan alat-alat pesta. Mega purbaya dan tim siap membantu kesuksesan acara anda
Hub: Kantor: (031)99705720 Hp: 085649796006/ wa: 082234007812
Alamat: perum mutiara residence blok D2 no.12, Anggaswangi sukodono sidoarjo

#megapurbaya #weddingorganizer #weddingidaman #weddingmurah #weddingkeren #weddingsidoarjo #weddingsurabaya #weddingsidoarjomurah #weddingsurabayamurah #weddingistimewa #weddingbahagia #weddingku #weddingterindah #dekorasiwedding #dekorasimurah #dekorasiweddingmurah #dekorasikeren #dekorasilucu #dekorasiidaman #dekorasipelaminan #dekorasitenda #dekorasitendasidoarjo #dekorasitendasurabaya #persewaanpesta #persewaantendapesta #persewaanmegapurbaya #resepsipernikahan #pernikahantradisional #pernikahanmodern #prewedding #weddingphoto #persewaankursiplastik #coverkursi #persewaanpanggung #persewaansoundsystem #tendabunga #desaintendapernikahan #persewaanalatpestasidoarjo

Share:

0 komentar